Syarat Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam

Updated at: 21:02.
Under Category: Kurban
Syarat Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam | berkurban yang baik dan benar juga harus mematuhi syarat hewan kurban agar kurban anda nanti menjadi sah dalam agama islam, nah ada beberapa persyaratan hewan yang boleh unutk dijadikan hewan kurban, mungkin anda masih belum mengetahui beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum anda menyerahkan hewan anda kepada panitia kurban

Syarat Hewan Kurban 




1. Hewan kurbannya berupa binatang ternak, yaitu unta, sapi dan kambing, baik domba atau kambing biasa.

2. Telah sampai usia yang dituntut syari’at berupa jaza’ah (berusia setengah tahun) dari domba atau tsaniyyah (berusia setahun penuh) dari yang lainnya.

a. Ats-Tsaniy dari unta adalah yang telah sempurna berusia lima tahun
b. Ats-Tsaniy dari sapi adalah yang telah sempurna berusia dua tahun
c. Ats-Tsaniy dari kambing adalah yang telah sempurna berusia setahun
d. Al-Jadza’ adalah yang telah sempurna berusia enam bulan

3. Bebas dari aib (cacat) yang mencegah keabsahannya, yaitu apa yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

a. Buta sebelah yang jelas/tampak
b. Sakit yang jelas.
c. Pincang yang jelas
d. Sangat kurus, tidak mempunyai sumsum tulang

Dan hal yang serupa atau lebih dari yang disebutkan di atas dimasukkan ke dalam aib-aib (cacat) ini, sehingga tidak sah berkurban dengannya, seperti buta kedua matanya, kedua tangan dan kakinya putus, ataupun lumpuh.

4. Hewan kurban tersebut milik orang yang berkurban atau diperbolehkan (di izinkan) baginya untuk berkurban dengannya. Maka tidak sah berkurban dengan hewan hasil merampok dan mencuri, atau hewan tersebut milik dua orang yang beserikat kecuali dengan izin teman serikatnya tersebut.

5. Tidak ada hubungan dengan hak orang lain. Maka tidak sah berkurban dengan hewan gadai dan hewan warisan sebelum warisannya di bagi.

6. Penyembelihan kurbannya harus terjadi pada waktu yang telah ditentukan syariat. Maka jika disembelih sebelum atau sesudah waktu tersebut, maka sembelihan kurbannya tidak sah.

dan itulah beberapa syarat hewan kurban yang sah, anda harus memenuhi semua persyaratan hewan tersebut agar anda bisa melakukan ibadah di hari raya Idul Adha nanti, kalau anda masih belum bisa memenuhinya karena berat di masalah keuangan mungkin anda bisa mengumpulkan 7 orang untuk patuan berkurban seekor sapi sehingga biaya yang anda keluarkan lebih ringan daripada harus membeli 1 kambing yang siap kurban itu sendirian

Syarat Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam
"Syarat Hewan Kurban Menurut Ajaran Agama Islam" Di Posting oleh blog , Friday 14 August 2015, pukul 21:02 dalam topik Kurban dan permalink http://tscribbles.blogspot.com/2015/08/syarat-hewan-kurban-menurut-ajaran.html. Nomer ID: 5.888,888.

Comments :

 
© 2012 tscribbles
Is Hosted by Blogger