Wisata Sejarah di Candi Sari Yogyakarta

Updated at: 10:07.
Under Category: Wisata
Wisata Sejarah di Candi Sari Yogyakarta – Selamat sore sahabat wisata, pada kesempatan itu kami hendak membujuk anda bermain namun beserta belajar tentang sejarah yang ada di Indonesia, yang akan kita bahas kali ini tentang peninggalan sejarah yaitu  Candi Sari,agar lebih jelasnya lagi simak informasinya berikut ini.


Candi Sari terletak di di kampung Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta kurang lebih sekitar 10 Km dari pusat Yogyakarta. awal penemuannya candi itu di cari dalam cuaca rusak sehingga pada tahun 1929,akhirnya di lakukan pemugaran didalam tahun 1930. Candi Sari memiliki bentuk persegi empat dengan ukuran 17,30 x 10 x 17 meter menghadap ke arah timur, dengan tangga masuk ke bilik di sisi timur. Di setiap sisi tubuh candi nimbul jendela

Di dalam Candi Sari nimbul 3 lingkungan yang berjajar,masing masing ruangan di hubungkan dengan pintu masuk. Candi Sari ini diperkirakan bertingkat dan lantai bilik atas kemungkinan terbuat dari kayu. Hal tersebut diketahui dari tampaknya lubang-lubang yang diperkirakan dipakai untuk menempatkan ujung balok kayu.

Di bagian dinding utara dan selatan bilik bawah, terdapat sebuah relung yang dihiasi dengan kalamakara.sedangkan dalam sisi luar bodi candi,terdapat pahatan arca-arca dewa Boddhisatva dan Tara. Arca arca ini digambarkan dengan sikap sakit-sakitan gemulai (sikap Tribangga) dan memegang teratai merah dan biru. Dan adegan luarnya dilengkapi dengan bajralepa.

Jika dilihat arca maupun relief dewa yang terpahat dapat diketahui bahwa latar akhir keagamaan Candi Sari adalah Buddha. maupun adanya pembagian lobi mengindikasikan bahwasanya Candi Sari digunakan sebagai wihara (asrama pendeta). namun bagi pendirian candi itu sendirian belum di ketahui sampai sekarang,tetapi berdasarkan keterangan tentang presensi wihara dalam Prasasti Kalasa dapat diperkirakan bahwa candi ini satu zaman dengan Candi Kalasan, diantaranya dari abad 8 Masehi.

Nah itulah informasi mengenai Candi Sari yang bisa kami lontarkan untuk sobat semua,mudah mudahan berita ini bisa menambah pandangan wisata dan sejarah sahabat semua,seperti yang kite-kite ketahui bersama yang tanah air kaya dengan Budaya, sekarah dan kaya dengan wisatanya.salah satunya wisata Pantai Balekambang yang berada di Malang Jawa Timur

Wisata Sejarah di Candi Sari Yogyakarta
"Wisata Sejarah di Candi Sari Yogyakarta" Di Posting oleh blog , Thursday 17 April 2014, pukul 10:07 dalam topik Wisata dan permalink http://tscribbles.blogspot.com/2014/04/wisata-sejarah-di-candi-sari-yogyakarta.html. Nomer ID: 5.888,888.

Comments :

 
© 2012 tscribbles
Is Hosted by Blogger